Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Facebook.. Oh.. Facebook..

Nggak gaul kayaknya kalau nggak punya Facebook (Fb). Kayaknya kalangan pemuda pemudi udah pada hafal apa yang namanya Facebook. Salah satu aplikasi yang lagi tenar-tenarnya digemari. Nggak cuma pemuda pemudi aja malah. Orang dewasa pun punya Facebook. Dari pelajar, guru, dosen, pengusaha, sampai calon legislatif! Yang udah punya akun Facebook pasti udah nggak asing lagi dengan iklan kampanye para caleg atau bahkan penawaran produk.
Beberapa pelajar terbukti banyak yang mulai meninggalkan Friendster (Fs) atau bahkan dunia blogging. Nggak salah lagi sih, memang jika dilihat dari fiturnya, Facebook ini lebih lengkap fiturnya, lebih menarik, lebih gaul, up to date, dan yang paling penting dapat disesuaikan di semua kalangan.
Sebelum kenalan ama dunia ‘per-fesbuk-an’, kayaknya nggak sah banget kalau nggak tau siapa yang membuat Facebook. Tak lain dan tak bukan, dia adalah Mark Zuckerberg. Mahasiswa drop out Universitas Harvard itu, ketika membuat Facebook, masih berusia 20 tahun. Ia membuat Facebook pada tahun 2004. Wow, bayangkan, mahasiswa drop out pun ternyata bisa membuat aplikasi yang sangat menyenangkan dan seru seperti Facebook!
Yang menariknya, Facebook kini dapat dinikmati oleh para fesbuk-ers di ponsel masing-masing. Jadi, udah bukan rahasia umum lagi kalau ‘virus’ Facebook sudah menjamur luas. Mau melakukan apapun, pasti buka Facebook. Nggak di sekolah, kantor, angkot, nunggu guru atau dosen ngajar, bahkan sampai dibawa bawa ke toilet.
Manfaat Facebook tentunya banyak sekali! Mungkin sebagian atau bahkan seluruh pengguna sudah merasakannya. Contohnya saja, di dalam Facebook ini, kita dapat bertemu dengan teman lama atau dengan orang-orang terkenal. Hal ini disebabkan karena mudahnya pencarian sesama fesbuk-ers. Tinggal tulis saja nama asli seseorang yang dicari, gampang deh! Tapi tentu saja syaratnya, si orang yang dicari harus punya Facebook juga. Fitur ‘People You May Know’ juga tentunya sangat membantu fesbuk-ers bertemu teman lama, karena dibantu oleh jaringan atau komunitas suatu lembaga.
Hmm.. udah mulai tergiur belum untuk menikmati berbagai manfaat Facebook?
Bagi para pengusaha juga dapat memanfaatkan Facebook sebagai sarana dagang! Wuih, ternyata ngga cuma untuk komunikasi, Facebook juga bisa membantu pengusaha menawarkan produk melalui iklan yang lebih praktis dan dibaca oleh lebih dari 400 ribu fesbuk-ers. Dan ini nih yang penting. Memasuki bulan pemilu, Facebook juga ternyata dimafaatkan sebagai sarane berkampanye melalui iklan kampanye! Hmm.. para caleg tentunya ingin menarik banyak kalangan masyarakat, hingga Facebook pun akhirnya dirambahi juga.
Udah mulai tertarik? Oke, ada beberapa hal penting lagi nih yang perlu disampaikan. Kalian pasti ingin tau kan apa saja fitur-fitu yang menarik yang juga merupakan kelebihan yang dimiliki Facebook? Ini dia, diantaranya :
Status. Semua fesbuk-ers bisa dengan sesuka hati mengganti status agar semua teman tahu apa yang sedang dilakukan, dirasakan, atau bahkan, diinginkan.
Komentar. Ini nih yang menarik. Nggak cuma status aja yang dikomentarin. Catatan dan foto pun bisa dikomentarin. Dan bagusnya, pengelolaan komentar ini sama banget kayak chatting. Menarik kan?
Kotak chatting. Jadi kita bisa tahu pengguna akun mana diantara teman-teman kita yang sedang online. Di Friendster dan blog, fitur seperti ini nggak ada. Keren kan Facebook?
Catatan. Fesbuk-ers bisa dengan leluasa menuangkan hasrat menulisnya disini. Fesbuk-ers juga bisa men-tag teman-teman sehingga bisa berkomentar tentang catatan Anda.
Phonebook. Ini salah satu keunggulannya. Jadi belia bisa tau nomor yang dapat dihubungi si pengguna dengan syarat si pengguna akun itu mengizikan nomornya ditampilkan.
Nama. Ini juga nih yang bikin Facebook beda banget dari aplikasi lain sejenisnya. Pengguna Facebook ini harus menggunakan nama asli untuk mendaftar. Jelas saja, karena agar memudahkan pencarian oleh teman-teman fesbuk-ers yang sedang mencari Anda.
Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dijadikan kelebihan Facebook. Wuih, applause deh buat Mark Zuckerberg yang udah bikin aplikasi luar biasa kayak gini. Tapi hati-hati loh, jangan sampai deh kecanduan Facebook alias terlalu menggilai. Inget loh, manage waktu antara fesbuk-an sama belajar. Oke deh, selamat me-manage waktu!

—–selesai—–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 4, 2009 by in tulisan.
%d bloggers like this: