Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Berfikir sebelum bicara, Cari tahu sebelum berpendapat!

ini tentang bagaimana mengomentari seseorang yang tak lain adalah temanmu..

setiap manusia mempunyai bermacam-macam karakter maupun cara tersendiri untuk memahami sebuah komentar.

ada orang yang bisa dikomentari dengan candaan meskipun kita biasa memandangnya sebagai ejekan-ejekan kecil.

ada juga orang yang bisa dikomentari melalui bahasa-bahasa sastra ataupun sajak-sajak yang dibuat indah, lembut, namun mengena ke hati.

ada juga orang yang baru bisa dikomentari melalui bentakan ataupun sindiran pedas, sehingga langsung menusuk di hatinya.

ya, setiap orang berbeda. meskipun dia adalah teman kamu sendiri. kamu tak boleh sesuka hati membentaknya dan menyindirnya dengan kata-kata pedas bahkan menyakiti hati. apalagi maen fisik. itu gak banget!

jangan kamu pikir teman itu adalah sesuatu yang bisa kamu jadikan bahan olok-olokan yang dengan mudah kamu cemooh dan kamu hina. meskipun tujuan kamu pada dasarnya untuk mengingatkan teman kamu itu, akan tetapi INGATLAH bahwa setiap orang punya cara yang berbeda untuk menerima kritikan dan saran.

Satu hal lagi yang lebih penting dan paling penting..

Berfikir sebelum bicara, Cari tahu sebelum berpendapat!

Jangan sampe kamu ngasal nyeramahin orang, tapi ternyata sebenarnya orang itu ga punya masalah apa-apa sama kamu. kamu nyoba ngingetin orang itu agar jangan bersikap buruk sama kamu dengan sindiran atau komen yang ga enak didengar. padahal nyatanya orang yang kamu ingetin itu nggak pernah bersikap buruk sama kamu. apalagi pake bawa-bawa fisik. itu tuh childish banget!

singkatnya, ga usah asal nyeramahin orang kalo ga tau permasalahannya. tiap orang pun punya cara yang berbeda-beda untuk nanggepin suatu saran ataupun kritik. jangan kira teman itu ga punya hati. perasaan tuh ga bisa dimain2in!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 2, 2010 by in Friendship.
%d bloggers like this: