Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

RI Jadi Pemimpin Energi Geothermal Dunia

Indonesia telah meluncurkan rencana ambisius untuk memanfaatkan tenaga sangat besar dari gunung berapinya dan menjadi pemimpin dunia dalam energi geothermal sambil memangkas emisi gas rumah kaca.
Negeri yang terdiri dari 17 ribu lebih pulau terbentang dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik ini mengandung ratusan gunung berapi. Indonesia juga diestimasikan menyimpan sekitar 40% energi geothermal potensial dunia.
Tetapi sejauh ini baru sebagian kecil potensi tersebut terkuak. Pemerintah berencana mencari bantuan dari investor swasta, Bank Dunia dan partner seperti Jepang dan Amerika Serikat untuk membuka kekuatan tersembunyi yang ada di bawah perut bumi Indonesia.
Tujuan pemerintah adalah menambah 4 ribu megawatt kapasitas geothermal dari eksisting sebesar 1.189 megawatt. Pada 2014 nanti adalah tantangan sebenarnya, ujar Kepala Asosiasi Geotermal Indonesia Surya Darma, kemarin. Indonesia saat ini bergantung kepada batubara produksi lokal untuk menjalankan pusat energi listriknya.
Salah satu tantangan terbesar adalah pembiayaan. Sumber tenaga geothermal kira-kira akan menghabiskan biaya lebih besar dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk riset dan pengembangan sampai bisa digunakan.

Tetapi sekalinya didirikan, maka kilang geothermal seperti yang ada di Kamojang Jawa Barat di 1982 bisa mengubah suplai panas vulkanik gratis tidak terbatas menjadi listrik dengan biaya tetap yang lebih rendah dan polusi lebih sedikit, ketimbang batubara.

Pemerintah berharap bisa dijual konsep geothermal ini dalam kongres dunia ke-empat yang dibuka Minggu (25/4) di Bali. Perhelatan enam hari tersebut akan menarik perhatian 2 ribu orang dari lebih 80 negara.

Sebuah investasi sebesar US$12 miliar (Rp108 triliun) dibutuhkan untuk menambah kapasitas 4 ribu megawatt, ujar analis energi Herman Darnel Ibrahim, menempatkan konteks pada pengumuman US$400 juta (Rp 3,6 triliun) pinjaman dari World Bank dan Asian Development Bank (ADB).
Eksplorasi lahan bisa membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun, studi kelayakan pendanaan satu tahun sementara membangun pusat kilang itu sendiri membutuhkan waktu tiga tahun, tambahnya.
Sejumlah negara sudah menggunakan energi panas bumi ini memanfaatkan kelebihan alam. Seperti Amerika Serikat dan Filipina yang sudah memproduksi energi geothermal. Proyek panas bumi ini juga sejalan dengan tekad Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan memotong emisi gas rumah kaca sebanyak 26% di 2020.
Indonesia sebagai negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu baru mampu memanfaatkan 7 medan geothermal dari 250 wilayah yang sebenarnya bisa dikembangkan.
Besarnya potensi energi panas bumi ini bisa dimanfaatkan untuk menambah akses penduduk terhadap energi listrik. Indonesia dengan jumlah penduduk 234 juta orang itu baru 65% yang memiliki akses terhadap listrik.
Targetnya adalah memenuhi 90% populasi di akhir dekade, melalui program pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt di 2012. Sebagian besar sumber energi ini masih mengandalkan batubara dan di 2014 rencananya ada tambahan dari tenaga panas bumi gunung berapi.

Salah satu persoalannya adalah banyaknya sumber geotermal berada di kawasan hutan yang dilindungi. Sehingga pemerintah harus mengeluarkan izin mengebor sumber di area konservasi namun tetap memprioritaskan pembangkit listriknya berada berada di luar area hutan.
Saat ini sudah ada kesepakatan antara konsorsium perusahaan Amerika Serikat, Jepang (<—???) dan Indonesia serta perusahaan listrik negara (PLN), untuk membangun proyek berkekuatan lebih dari 340 megawatt di Pulau Sumatera. Proyek yang dinamakan Sarulla ini akan menjadi pusat kilang geothermal terbesar kedua di Indonesia setelah fasilitas Wayang Windu di Jawa Barat.
Proyek Sarulla adalah contoh yang sempurna bagaimana Indonesia mampu membuat energi yang ramah lingkungan dan keamanannya dengan berpartner bersama firma internasional, ujar Duta Besar Amerika Serikat Cameron Hume. Proyek ini direncanakan rampung dan menghasilkan listrik hingga 335 megawatt (MW) (WOOOOOOOOOW!!!!)pada 2013.
Beberapa firma seperti Tata dan Chevron (klik!) telah memasukkan proposal untuk membangun pusat geothermal lainnya di Sumatera Utara, dengan kandungan potensial sebesar 200 megawatt.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 30, 2011 by in Environment, Sains.
%d bloggers like this: