Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Berapa lama sebaiknya waktu tidur mahasiswa?

SALAH satu tantangan menjadi mahasiswa adalah bangun pagi dan mengikuti kelas pagi. Memang ada beberapa kampus yang mengadakan kuliah siang dan sore. Namun ini tidak menjadi alasan untuk para mahasiswa, tidur dan bangun sesuka hati.

Pasalnya, kurang tidur merupakan keluhan terbesar mahasiswa. Kondisi seperti ini membuat mahasiswa mengantuk di kelas dan pada akhirnya akan memengaruhi performa akademis. Lantas, sebaiknya berapa jam waktu tidur seorang mahasiswa?

Sudah lama diyakini bahwa waktu tidur ideal adalah 7 hingga 8 jam. Namun pada kenyataannya, ini semua tergantung pada individu. Ada beberapa individu yang cukup tidur 5 hingga 6 jam, sementara yang lain memerlukan 8 jam.

Intinya adalah menemukan keseimbangan, tapi tidak kekurangan atau kelebihan waktu tidur.

“Rata-rata kebutuhan tidur mahasiswa adalah delapan jam, sementara kenyataannya, mayoritas mahasiswa tidur kurang atau lebih satu jam dari rata-rata,” demikian pernyataan Stanford University, seperti dikutip dari Campusgrotto, Rabu (25/5/2011).

Padahal, tidur dengan waktu ideal sangat bermanfaat. Peneliti dari UC Berkeley, Amerika Serikat menemukan, ketika tidur manusia meningkatkan kemampuan untuk belajar. Hal ini terjadi sebelum tidur memasuki tahap terdalam, NREM dan pusat dari mimpi, REM.

“Waktu tidur yang kaya terjadi pada paruh kedua malam, jadi jika Anda tidur 6 jam atau kurang, Anda memotongnya,” ujar pemimpin penelitian, Bryce Mander.

Para peneliti mengatakan, bukti bahwa gelombang otak selama akhir dari periode tidur mendukung kemampuan manusia untuk menyimpan memori. “Penemuan ini menunjukkan bahwa manusia tidak hanya membutuhkan tidur setelah belajar untuk mengkonsolidasikan apa yang telah dipelajari, tapi juga perlu tidur sebelum belajar, sehingga manusia dapat mengisi ulang dan menyerap informasi baru di hari berikutnya,” jelasnya.

Tidur tidak hanya menyegarkan pikiran, tetapi juga dapat membuat lebih pintar. Semakin banyak waktu untuk terjaga, semakin lambat pikiran.

saran author : alangkah lebih baiknya kalo tidur jangan larut malam, dan bangun dini hari. setelah bangun, biasakan shalat malam, minum air putih, lalu belajar, insya Allah ngefek deh saya sudaah mencobanya (walau emang mesti susah dibangunin dulu hehe :p) 🙂

source : klik here
Advertisements

2 comments on “Berapa lama sebaiknya waktu tidur mahasiswa?

  1. Ayu
    May 27, 2011

    nice advice… Jangan motong tidur di seperdua malam… Potong di sepertiga malam aja.. :p

    • sundusmirrotin
      May 29, 2011

      betul betul betul itu teh 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 27, 2011 by in did you know?, School/College.
%d bloggers like this: