Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Georubics Tried Gravity and Magnetic Methods

Sangat menyenangkaaaaan 🙂 🙂 🙂

Hari ini gue mencoba sesuatu yang baru, gravitymeter dan magnetometer. Gravitymeter adalah alat yang biasa digunakan untuk mengukur perbedaan densitas suatu massa batuan di bawah permukaan tanah. Biasanya, digunakan untuk mencari tahu struktur bawah permukaan tanah, entah itu cebakan minyak, atau apalah. Begitupun magnetometer. Bedanya, magnetometer mengukur sifat kemagnetan batuannya.

Pagi ini, pukul 07.30 WIB gue dan teman-teman georubics unpad 09 lainnya sudah berkumpul di prodi geofisika. Sebelumnya briefing dulu, untuk pengarahan nanti pengambilan data seperti apa. Oya, hari kamis sebelumnya, kami sudah mencoba menggunakan alat gravitymeter yang bermilyaran rupiah itu menggunakan suatu replika gravitymeter. Memang harus hati-hati banget.. ckckck alat mahal gitu..

Yak, baru mulai sekitar jam 9 karena alatnya dan pawang alatnya dari PSG Mr Sariman telat datang (tapi makasih banyak Pak, saya senang pernah mencoba alat2 ini ^^)

Gue memilih untuk mencoba magnetometer dulu. Waah amazing, alat-alatnya amazing, sulit diungkapkan dengan kata-kata. Kita seperti tawanan teroris yang mesti memasang bom yang diikatkan di badan. Sama halnya seperti itulah.. Nanti gue pasang fotonya yah 😀 Karena gue cewe (ini siyalnya –“) gue jadi suka ga dibolehin bawa alat-alat pentingnya, kaya magnetometer itu, trus gravitymeternya. Hiksss sedih, tapi emang berat banget banget banget siiih 😦

Yak, kita pasang dulu magnetometer di base. Kita catat pula yang fieldnya. Tapi sampe sekarang gue masi belom ngerti si gun nya itu buat apa. Semoga nanti aslabnya bisa nerangin lebih dalam lagi pas praktikum :). Mulai di base di lapangan parkir fisika agak ke arboretum sedikit. Cukup dengan menggunakan kompas, jam tangan, dan seperangkat magnetometer, kami sudah bisa mengukur data. Tim sebelah kami, tim gravity, cukup repot loh. Masalahnya alatnya itu 2,4 milyar. Ga boleh kena guncangan sama sekali. Prosedur penggunaannya harus rapi dan teratur.  Menstabilkan nivonya pun susah (bagi pemula seperti kami). Daaan kita tim magneto memilih untuk duluaaan, hoho. Tapi nanti kita gantian alat pas setengah lintasan.

Kita buat jarak masing-masing stasiun 200 m melewati gerbang lama, belakang stadion, sekre2 ukm, lewat fisip, fasa, dan di fikomlah kami berganti. Dan ternyata memang ribet yaaah make alat gravitymeter ituh. Alat-alat pelengkapnya pun banyak. Altimeter, jam tangan, GPS, piringan gravitymeter, dll… Hemmm..

Gue kebagian ngukur alias make si gravitymeter itu pas balik lagi di base. Deg-degannya gila meeen. Masalahnya, setelah kunci dibuka, posisi kita duduk untuk baca data di gravitymeter itu harus stabil, diem, tenang, ga boleh banyak heureuy, dan banyaak lagi. Dan kalo sampe pas kita menyenggol dikit aja tuh alat dalam keadaan kunci terbuka, dan rusak, yaudah wassalaaaaam. Alatnya harus langsung diperbaiki di pabriknya langsung dengan membayar 400jutaan, gitu sih kata pak Sariman. Serem juga yaaa. Makanya harus hati-hati buangeeeeet >.<

Lucunya, di tengah jalan, kita bener2 jadi pusat perhatian. Masalahnya, jaket lapangan kita adalah merah menyala (so pasti eye catching), trus kita kaya lagi ngecek keberadaan bom di unpad gitu, trus lagi kan kalo magnetometer ga boleh deket2 hal yang berbau logam yaa, makanya kalo ada pager besi kampus, kita harus rada ke tengah jalan dikit. Ya lumayanlah pusat perhatian banget haha. Trus lagi, sebelnya, kalo gravitymeter itu sekali ada kendaraan lewat ketika kita lagi baca data, yaudah itu mah datanya pasti keganggu, semacam ada noise gitu hahayy.

Tapi seruuu seruuu, gue bersyukur diperkenalkan dengan dunia geofisika ini. Begitu ciptaan Allah sangat berhargaaa 🙂 Demi mengetahui kandungan mineral atau minyak atau hal bermanfaat lain di dalam bumi ini, manusia benar-benar menuangkan pemikirannya dalam menggunakan gravitymeter maupun magnetometer. Allah memang HEBAAAT. Super HEBAT. Ilmunya tak pernah pelit untuk dicurahkan. Alhamdulillah. Aku bersyukur ya Allah 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 6, 2012 by in School/College.
%d bloggers like this: