Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Dingin dan Indahnya Ranca Upas

Yaaah hal paling indah adalah menikmati hangatnya mentari pagi setelah dini harinya dibekukan oleh suhu gunung yang luar biasa rendahnya..

Jumat malam kemarin gue dan sahabat-sahabat kecil terdekat gue berangkat bersama ke daerah camping Ranca Upas. Letaknya di Ciwidey, Bandung Selatan.

Subhaaanallah sampai jam 5 sore cuaca belum nampak gelap, namun suhu mulai dingin. Kami lekas membangun tenda. Acara yang akan kami adakan ialah malam keakraban. Kebetulan gue jadi panitia cabutan. Harusnya dari kemaren2 gue ngikut mengkonsep, tapi karena penuh dengan jadwal UAS, jadi wassalam panitiaa. Hoho. Mungkin satu-satunya alasan yang kuat disini adalah karena gue termasuk yang tertua, makanya gue jadi panitia. Dibaca : pesertanya kisaran SMA-kuliah awal. Hmm..

Yak, bangun tenda pun menjadi satu masalah besar bagi kami, karena kami tidak ada satupun yang mengerti, gak ada anak pramuka, pecinta alam, dsb. Lalu mulailah jiwa sotoy gue keluar. Karena gereget ga ada yang gerak-gerak, akhirnya gue mulailah membangun satu tenda (yang ternyata pada akhirnya diketahui kerangkanya paling rumit) sendiri. Dan terimakasih adik-adik, akhirnya ada juga yang membantu.

Namun siyalnya, sampai maghrib tiba pun, tenda yang gue buat paling pertama belum selesai juga, sementara 3 tenda yang baru dibuat setelah tenda gue itu, sudah jadi dengan sempurna. -_- Wajar sih. Tenda yang lain gampang banget bentuknyaa, hehe (alibi)

Maghrib-Isya, sudah mulai dingiin.. Kami menuju mushola, shalat. Dan tiba lagi di perkemahan sekitar jam 8an. Makan bersama, lalu malam keakraban.

Kesotoyan kedua dimulai. Ga ada yang ngerti cara bikin api unggun. Yak, adek-adek lelaki ini untungnya punya jiwa nekat sekaligus beruntung yang luar binasa. Sehingga jadilah itu api unggun beberapa jam kemudian. Kami mulai games-games dengan gue sebagai MC nya. Entah mengapa selalu gue yang diposisikan jadi acara seru-seruan. Zzz.. Games kapal karam, tebak gaya, dan bersenandung pun selesai. Dan finally, istirohaat.

Dinginnya ranca upas mulai terasa. Lebiiiiiiih dingin dari di ujung berung. Yaiyalah yaaaaa…

Yah, panitia mulai mempersiapkan acara outbond malam. Preparation dibuat, dan gue cuma bisa diem beku. Sekitar jam setengah 1 kami para panitia tangguh mengelilingi hutan di ranca upas, mengecek ulang rute outbond, pos-posan, dan menyimpan semua barang-barang di masing-masing pos yang tak berpenjaga.

Gelap. Lebat. Terjal. Sampe merunduk-runduk segala cuma buat jalan kaki.

Panitia membangunkan peserta untuk outbond per kelompok. Kebetulan gue jadi panitia pendamping buat kelompok terakhir. TERAKHIR. -__- BETEnya karena kelompok terakhir pun harus menunggu giliran pergi di luar. Api unggun udah ga ada lagi. Kabutnya makin tebal. Yassalaaam mampus lah. Gue udah sampe rangkep 4 masih menggigil. Rasanya gue mau nyeraaah, tapi pikir gue, kapan lagi ikut acara giniaan. Nangor ga kalah dinginnya juga kok. Hehe.

Yak, adzan subuh pun berkumandang di tengah perjalanan. Kami tiba di pos terakhir lalu ke mushola agak telat, jam 6an. Artinya subuh pun telat. Tapi matahari belum muncul, baru terang-terang dikit.. (alibi).

Shalat subuh, lalu bermain-main dengan embun pagi. Subhanallah, indahnya daerah ini. Kabutnya masih ada. Gue berasa lagi di koreaa. Setiap gue ngomong, selalu ada uap yang keluaar. Kereen. >.<

Lebih keren lagi, ketika gue balik ke perkemahan. Itu matahari dan gunung dan padang dan rerumputan, indah bangeeeet.

Setelah memasak mie instan bersama menggunakan kompor dan parafin, gue menggelar tikar, semua jaket gue buka, gue jemur dulu kaos kaki yang dini hari tadi basah nginjek2 rumput basah, dan berbaring.

Inilaaaah keindahaaaan gue cinta alam! Gue cintaaaa apa yang Allah Buat, semuanya PERFECT!! Segala kedinginan yang gue rasain tadi dini harinya setimpal dengan keindahan yang gue dapet paginya. Gue masih bisa liat burung-burung terbang berkelompok. Uuh indahnyaaa..

Gue pengeeen terus berpetualang lagiii >.<

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 8, 2012 by in Environment.
%d bloggers like this: