Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Pride of Authorship-nya Naik! ^^

 

Sabtu, 6 Oktober 2012 yang lalu, saya menjadi perwakilan dari Kominfo BEM Kema FMIPA Unpad untuk mengikuti Pelatihan Menulis Artikel dan Feature yang diadakan BEM Kema Unpad bekerja sama dengan Media Cetak Harian Pikiran Rakyat. Wiii panjang yaah prolognya. Hehe.

Yang datang banyak loh, dan ternyata lebih banyak yang mewakili redaksi persnya masing-masing Fakultas di Unpad. Awalnya jiper sendiri, soalnya datang kesana cuma sendirian. Ga ada temen, tapi ternyata seru-seru kok. Dan kebetulan aja ketua pelaksananya temen jurusan sendiri. Hehe.

Banyak banget yang dibahas. Pertamanya sih kita belajar tentang menulis artikel dan feature oleh kang Zaky Anais, jurnalis senior di PR. Hati saya bener-bener meluap-luap waktu beliau bercerita tentang perjuangannya mendapatkan berita mengenai krisis air bersih di Citarum hingga berhasil membuat 1 buku yang bercerita tentang “investigasinya” itu. Waw. Hal yang patut dicatet adalah, Jurnalis harus GAUL, Jurnalis GAK BOLEH PEMALAS.

Iyaa bener banget kang. Kadangkala untuk menguak satu informasi, saya udah keburu males untuk kesana sini mencari berita yang real saya yang dapetin. Rata-rata selama ini, apapun yang saya tulis hanya berdasarkan perasaan saya ataupun yang saya alami. Gak selalu isinya adalah hal yang saya perjuangin untuk disampaikan.

Waaaaaaa mau banget deeeeh jadi jurnalis gaul. Harus sering-sering ngewarkop sama warga-warga atau informan alami lah kalo saya sebut hehe.

Hal yang paling gue inget dan gue bersyukur bisa tau satu hal ini adalah, ternyata di setiap media informasi itu, ada agenda setting. Artinya, suatu redaksi pasti punya visi dan misi. Apalagi terhadap suatu berita, jurnalis harus bisa dong menggambarkan atau menceritakan kembali ke pembaca tentang informasi yang ada. Efek agenda setting disini adalah, tulisan yang seorang jurnalis buat, pasti mengandung unsur visi misi yang dimiliki redaksi. Jadi, singkatnya, pasti media itu berpihak pada suatu pendapat yang redaksi yakin tentang pendapatnya itu.

TAPI, tetep aja keputusan finalnya ada pada pembaca.

Iya, sih…. Media emang gak wajar kalo netral.

Karena yang membuat beritanya juga adalah seorang manusia. Dan fitrahnya manusia pasti berpendapat terhadap suatu hal sesuai dengan keyakinannya. Ihiiii… Senang bangeeet dapet info itu :)))))

Udah gitu pembicara kedua pada dasarnya sih ga jauh beda materinya, dibawakan oleh pak Erwin Kustiman. Tapi beliau juga menjelaskan gimana mekanisme kerja yang ada di PR. Beliau lebih menceritakan tentang Menulis Populer. Naaah, kalo disini ada satu hal yang gue harus camkaan :))

Dalam menulis, tujuannya sebenernya gak boleh hanya untuk sekedar uang, atau mengeksiskan diri. Hehehe, gapapa sih sebenernya, tapi hal yang paling penting disini adalah kita ingin mencerdaskan bangsa. Melalui tulisan-tulisan yang kita buat, kita beraspirasi dan berusaha mengurai masalah yang sudah menjadi benang kusut, apalagi sekarang ini ya kaaan?

Kalo cuma demi uang, uang itu bakalan habis dalam sekejap aja kook.

Yang penting, dengan menulis adalah kita bangga menjadi penulis, dan turut membantu membuat perubahan.

PRIDE OF AUTHORSHIP

Yeaaa that’s it! Walaupun penulis gak dibayar, tapi rasa bangga itu bakal selalu ada. Tumbuhkan jiwa ini dalam diri kita masing-masing yooo.

Dan di akhir acara, pak Erwin Kustiman meminta kita para audience untuk membuat artikel flash tentang apa saja yang kita kepingin tulis, cukup dalam 3 paragraf (tapi gue buat dalam 5 paragraf) hehe. Habis itu, bapaknya menilai tulisan-tulisan yang kita buat, dan dipilih 6 terbaik.

Daaaaaaaaaaaaaaannn,, AKU SALAH SATU DI DALAMNYAA :)) Dapat hadiah notes dan naik 1 level pride of authorship nyaa hehe

Ayooooooooo menulislah kaum INTELEEEEEEK!! 😀

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 10, 2012 by in tulisan.
