Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Group Homework

Akhir-akhir ini banyak sekali tugas kelompok. Tugas kelompok itu sih katanya dibuat agar meringankan beban masing-masing individu dikarenakan bobot tugasnya yang lumayan berat.

Terkadang sih tugas kelompok ya ga ada bedanya sama ngerjain tugas sendirian. Iya sih ini emang asumsi egois. Pasti adalah 10 % atau 20 % bantuan walaupun emang 80-90% nya kita sendiri yang ngerjain.

Kadang juga sih ya kalo lagi capek banget banget banget, karena tugasnya banyak dari berbagai macam mata kuliah, bawaannya jadi pengen kesel terus, marah-marah terus, ngerasa rugi sendiri terus. Berasanya tuh ini kok gue mulu yang ngerjain. Iya kan gitu kan?

Nah tapi kalo tugasnya rata-rata udah kelar, ngerjain satu tugas kelompok sendirian malah kerasanya enak. Apalagi yang topiknya disukain banget.

Beberapa hal sih yang gue ambil dari “rangkaian-tugas-kelompok” akhir-akhir ini adalah :

  1. Kita bisa share pemikiran kita. Ternyata, untuk partner yang udah klop, rasanya enak untuk diskusi berbagai macam topik yang kita berdua sama-sama senengin. Walaupun personil lain gak ngebantuin, rasanya berdua aja udah cukup.
  2. Saling mengoreksi. Untuk kasus kelompok yang solid, kadang nih misalkan kita keukeuh sama teori kita akan satu hal, dan ternyata setelah kita share sama partner, eh ternyata ada referensi terbaru yang mengatakan kalo teori kita itu udah diperbaharui. Wah ini seneng banget! Artinya ada ilmu baru yang masuk di kepala kita 😀
  3. Nah ini untuk kasus kelompok yang masing-masing nya gak bertanggungjawab : terlatih untuk terbiasa gak tergantung sama orang lain. Ini sih hal jahat sebenernya hehe. Rasanya kaya 100% kita yang buat. Padahal gak juga sih. Tapi iya loh, untuk kasus ini, kita jadinya lumayan mandiri. Apa apa cari sendiri, baca sendiri, belajar sendiri, dan bahagia sendiri! Coba deh ketika lo lagi suntuk-suntuknya atas satu teori pengolahan data, trus lo jalan ke perpus sambil hampir pusing-pusing gitu, lo ubek-ubek buku, dan lo nemu buku yang lo butuh banget! ITU TUH RASANYAAAA…… 🙂

Naaah itu mungkin beberapa hal positif yang bisa gue ambil dan share tentang tugas kelompok.

Semoga bermanfaat, daaaan semangat ya buat ngerjain tugas kelompok 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 1, 2012 by in hikmah.
%d bloggers like this: