Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

5 cm : Mahameru dan Impian

5 cm. The inspiring movie.

Pada awalnya sangat nggak kepikiran untuk nonton film ini, karena saya nggak pernah baca novelnya sama sekali. Tapi karena teman-teman di kampus banyak sekali yang membicarakan film ini, pada akhirnya saya tonton film ini bersama teman lain yang juga berniat sama.

Semeru, Ranu Kumbolo, dan Mahameru. Tiga hal menakjubkan yang saya lihat. Tidak henti saya mengucap subhanallah ketika menonton pemandangan alam yang disuguhkan. Allah, Ciptaan-Mu semuanya luar biasa, tanpa cacat sedikitpun.

Menonton film ini, sama sekali tidak ada kantuk sedikitpun, karena murni saya melihat kenyataan disana. Disamping bumbu-bumbu cinta segiempat antara Zafran, Dinda, Riana, dan Genta, saya lebih takjub dengan proses pendakian yang mereka lakukan.

Sejak awal, sebuah mobil jeep mengantarkan mereka ke muka gerbang pertama awal pendakian. Awalnya, mahameru itu dekat, padahal nyatanya jauh. Puncak gunungnya dapat dilihat dengan seluruh luasan pandangan mata, tapi tidak bisa diraih dengan genggaman tangan. Mahameru itu seperti dekat, padahal nyatanya jauh. Impian itu memang jauh, tapi kejarlah dengan asumsi jarak yang dekat.

Mereka, yang bilang itu, gantung impianmu 5 cm dari keningmu…

Berenam, semua mendaki satu persatu kemiringan bumi. Tanjakan, turunan, belokan, semua terlewati. Dan terhenti di satu keagungan Allah, Maha Karya yang indah, Ranu Kumbolo….

Ranu Kumbolo, saya sangat tertegun disana. Airnya. Iya airnya dan pegunungan yang mengapitnya, sungguh indah luar biasa. Bagai pencerminan wanita yang setenang dan seintrik air, dilindungi pria yang sekokoh dan segagah pegunungan. Ini sungguh Ciptaan Allah yang luar biasa.

Saya jadi ingat, ketika saya membaca buku travellous milik Andrei, seingat saya, saya pernah melihat dokumentasi yang mirip-mirip seperti ini di bukunya. Buku yang menceritakan petualangan backpacker nya ke dunia Eropa. Ya, saya melihat Andrei dan teman bule cinanya sedang duduk santai di hamparan padang sambil memandang air yang indah. Namun ternyata, Indonesia punya yang lebih dari itu, Ranu Kumbolo. Someday saya mau kesana!

Lalu mendaki dan terus mendaki. Walau di pertengahan jalan banyak sekali rintangan, dari mulai suhu udara yang sangat dibawah biasanya, dari ketinggian bumi yang makin curam, dari tanah bumi yang semakin dipijak semakin rapuh, dari reruntuhan batu-batu pasir yang membahayakan, semua dilewati bersama.

Bahkan, ketika ada yang hendak menyerah saat di pertengahan, dukungan moril dan materil terus menerus ditancapkan dalam jiwa yang hampir menyerah itu. Begitulah seharusnya memperlakukan semua kawan….

Semakin mendekati impian puncak mahameru, semakin besar pula rintangannya. Dan detik-detik mencapai puncaknya, subhanallah, saya seakan ikut ada disana… Menikmati dan mensyukuri bumi Allah yang dititipkan pada manusia agar dijaga dengan baik…

Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita,
kamu taruh di sini, di depan kening kamu
jangan menempel, biarkan dia
MENGGANTUNG, MENGAMBANG
5 cm di depan kening kamu
jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu

Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.

(5 cm.)

Indah ya Allah, indah… Samudera awan. Awan bergelombang bagai bulir-bulir air di pantai utara yang tenang. Matahari menyinari bumi dan membentuk bias-bias elok nan manis.

Ya Allah, bumi Indonesia ini sangat indah, bantu kami menjaganya…

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 19, 2012 by in Environment, hikmah, resensi.
