Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Kegeeran Satu Sampai Empat

Sepertinya saya baru mengenal sisi aneh dari persepsi orang bule tentang “orang Indonesia itu ramah-ramah”.

Pertanyaan selanjutnya, ramahnya yang kayak gimana?

Hmm tapi mungkin ini sih hanya pandangan saya aja yang super duper kegeeran level tertinggi. Iya, saya baru sadar loh kalo saya ini geerannya geer banget hahahaha.

Jadi hari ini tuh capek banget, pagi paginya ke samsat kawaluyaan untuk bayar pajak motor sekaligus dendanya hehe. Mulai dari sekarang pokoknya mesti inget bayar pajak motor sebelum tanggal 21 agustus -_-. Ternyata eh ternyata setelah menunggu nomor antrian dipanggil dalam kurun waktu yang sangat lama, kata mas mas loket bayar pajaknya saya mesti bayar di samsat rancaekek, karena ada tunggakan (yang tadinya saya pikir nominalnya sedikit -_-)

Kegeeran pertama. Pegawainya masih muda.

  • Masnya : “mbak, karena pajaknya ini kena tunggakan, jadi mbak harus bayar langsung ke samsat rancaekek (ngasihin map isinya stnk sama ktp)”
  • Saya : “(ngambil map, dalam hati syukur bukan di soreang -_-) oh gitu ya mas, jadi ngga bisa bayar langsung disini
  • Masnya : “iya mba, langsung aja kesana sekarang mbak ke loket 1
  • Saya : “(masih ga mudeng) hmm beneran mas? hmm samsat rancaekeknya itu di bagian mananya mas? rancaekek kan gede”
  • Masnya : “(nanya ke pegawai sebelah), eh ari samsat rancaekek teh di belah mana?
  • Temen masnya : “eta cakeut kahatex, neng” <– ikut-ikutan pengen ngobrol bareng gw -.
  • Saya : “(mikir) oooh kahatex, iya kahatexnya tahu, deket-deket situ mas?
  • Masnya : “iya neng (tiba-tiba ikut2an manggil neng -_-), sekarang aja langsung kesana ke loket 1 (ngulang yang tadi). Neng tahu kan ya jalan ke kahatexnya?”
  • Saya : “iya mas, oh loket 1 ya, yaudah makasih ya mas”

Lalu saya pergi menuju samsat rancaekek. Setelah nyasar sedikit (malah keterusan sampe coca cola), akhirnya saya sampe juga. Clenga clengo penuh banget nih samsat. Yaudah saya liat judul judul loketnya dan memutuskan langsung ke loket 1. Tapi kata bapak-bapak loket 1 saya harus daftar antri dulu dengan ngasih mapnya ke meja pendaftaran pajak progresif.

Kegeeran kedua. Pegawainya sudah berumur.

  • Saya : ” Pak punten, ieu teh meja pendaftaran pajak motor?” (sok sokan pake basa sunda)
  • Bapaknya : “oh muhun neng, mangga mapna tumpukkeun weh didieu”
  • Saya : “(nyimpen map di meja sambil nunggu di verifikasi)”
  • Bapaknya : “(sambil memeriksa map-map sebelum saya) asli ti mana neng?”
  • Saya : “oh, abdi mah ti ujungberung pak”
  • Bapaknya : “oh, cilengkrang? cilengkrang hiji atanapi dua?”
  • Saya : “(karena saya ngga tau cilengkrang berapa, saya jawab aja asal dengan bahasa indonesia karena udah ga punya kosakata sunda lagi hahah) cilengkrang mana ya? cilengkrang satu kayanya pak”
  • Bapaknya : “(karena map saya itu beda dengan map orang lain yang dibeli di fotokopian, map saya itu map spesial dari samsat kawaluyaan haha ada labelnyaa :p, giliran map saya diperiksa) ieu map ti mana neng?”
  • Saya : “oh, tadi habis dari samsat kawaluyaan pak, katanya karena ada tunggakan pajak makanya bayarnya ke samsat sini”
  • Bapaknya : ” ooh, neng tahu ga kenapa mesti bayar pajaknya disini?”
  • Saya : “kayanya sih pak karena ktp yang punya motornya daerahnya kabupaten ya kan pak?”
  • Bapaknya : “(liat ktp yang terpampang) ieu ktp saha neng? lain neng nyak?”
  • Saya : “iya pak, itu ktp ibu saya”
  • Bapaknya : “(masih sambil periksa apaan ga jelas baca baca stnk gue doang) oh, bayarin aja ya neng? sambil belajar bayar pajak?
  • Saya : “iya pak sambil belajar hehe”
  • Bapaknya : “masih kuliah neng? di UIN?”
  • Saya : “(tampang saya tampang UIN ya? kok langsung tebakannya UIN? -_-) oh bukan pak, saya di unpad”
  • Bapaknya : “jurusan apa neng?”
  • Saya : “fisika pak”
  • Bapaknya : “tos samester sabaraha neng?”
  • Saya : “(menghela nafas) saya tingkat akhir pak” (I’m mad)
  • Bapaknya : “oh, tahun ini lulus mereunan nyak? Habis lulus S2 aja neng langsung, lulusan S1 ayeuna mah tos seueur”
  • Saya : “ah, ngga pak, saya mau cari pengalaman kerja”
  • Bapak di sebelah bapaknya : “(dari tadi beliau sebenernya ikutan nimbrung cuma gatau ngomong apaan, gerakan mulutnya ketutup sama kumis) bapa ieu mah tos gaduh 2 bojona ge neng”
  • Saya : (tersentak, SHOCK. HUBUNGANNYA SAMA GUE APA?) oh? dua?”
  • Bapaknya : “haha, gaduh 2 pun bojo teh neng kanggo memberdayakeun kaum wanita”
  • Saya : “…” (males nanggepin)
  • Bapaknya : “(akhirnya urusan verifikasi map beres) ini neng, mangga mapna di kana loket hijikeun weh”
  • Saya : “muhun pak, nuhun.”

Sudah sangaaat lama saya mengantri disana, beneran deh sampe sejam ada mereun. Yang saya ngga suka itu kenapa ada banyak yang daftarin mapnya lebih telat dari saya, tapi dia lebih cepet dipanggil. ARRGGH. Budaya ngantrinya sih oke, tapi sistemnya itu loh, pake kartu kek. Oke, akhirnya sudah beres bayar dengan segala kendala-kendalanya. Lalu saya cus pulang ke rumah dulu untuk istirahat bentar. Cape banget boy, panas jugaa. Tadinya mau ambil printer dan langsung ke BEC buat service printer yang macet, tapi karena capek, yaudah akhirnya setelah sholat dzuhur di rumah, saya cus aja ke bawah buat service motor doang.

Di bengkel h*nda ini waktu saya datang bawa motor ternyata cuma saya customer satu satunya. Agak sedih ya, kok sepi gitu. Padahal di bengkel h*nda sebelah (deket griya, mesjid agung uber) ngantrinya bisa sampe 2 jam loh itu nunggu giliran. Yaudah saya langsung masukin motor ke bengkelnya dan langsung disamperin sama tukang mekaniknya sebut saja Aa 1.

Kegeeran ketiga. Pegawainya kayanya secara umur lebih muda dari saya haha.

  • Aa nya : “Service teh?”
  • Saya : “Iya a… masih buka kan? (mengingat sudah jam setengah 2 siang).
  • Aa nya : “masih kok teh (nyamperin, ambil motor, liat liat motor). Ada keluhan lain teh?”
  • Saya : “iya paling rem, sama lampu depannya miring gitu a..”
  • Aa nya : “Sekalian ganti oli teh?”
  • Saya : “Iya a.. ganti juga.. (saya beranjak ke tempat duduk, cari spot enak buat diem dan istirahat. Biasanya sih saya ngga pernah berani tanya-tanya apa yang rusak dari motornya, karena selama ini tiap service aa yang nyervisnya selalu benerin tanpa tanya-tanya. Dan kali ini beda).

Disana ada bangku customer yang kursinya nyambung gitu loh. Saya buka jaket motor saya dan simpen di kursi kiri, dan helm saya simpen di kursi kanan. Emang ngabisin tempat sih, tapi selama customer saat itu cuma saya kan ga ada masalah ya? Hahah. Sekitar 10 menitan dari saya duduk nunggu beres, aa nya nyamperin.

Hal yang paling awkward saat Aanya nyamperin itu adalah, dia posisinya berlutut di samping kanan saya. Astaga dan itu deket pisan -_- (aing mah). Mungkin sih karena kursi kiri dan kanan saya penuh sama helm dan jaket. Tapi kan ngga perlu berpose kayak propose  gitu juga kan? Urang jadi bingung mesti lihat mukanya sedeket apa -_-

  • Aa nya : “Teh, ini otomatisnya mau sekalian diservice juga ngga teh?” (kalo ga salah denger sih dia ngomong gitu).
  • Saya : “(ngeliat motor saya, ada bagian yang starter kaki itu loh udah dibongkar sama aa nya, ga tau apa namanya. Saya jawab sambil sedikit mundurin posisi badan). Oh di tune up ya a? (saya inget uwa saya pernah bilang kalo motor susah distarter minta tolong di tune up aja).
  • Aa nya : “Iya teh, gimana?”
  • Saya : “oh boleh-boleh a, emang suka susah kalo di starter..”
  • Aa nya : “oke teh, (si Aa balik lagi ke tempatnya).”

Lama dan laaamaa sekali di servicenya. Tukang mekanik yang satu lagi, karena dia nganggur mungkin ya ga ada customer, dia yang kebagian nyampein bagian motor mana aja yang mesti disaranin diganti ke saya. Saya sih rada pengen ketawa tiap ngobrol sama mas mas yang ini. Soalnya wajahnya kocak, langka gitu loh struktur wajahnya, mirip ronaldikin tapi bibirnya nggak semanyun ronaldikin da.. struktur matanya yang mirip. Kan lucu pengen ketawa. Mana masnya kelakuannya kocak lagi, haha. Masnya ini ngajak saya liat motor saya yang udah dibongkar. Dan dia jelasin mana aja bagian yang “mengkhawatirkan”. Cukup lama sih si mas ini ngajarin saya sistem2 motor matic -_- Sampe saya kaget juga, ternyata punya motor tuh emang butuh modal buat ngerawatnya -_-.

Setelah sudah cukup lama diservice, akhirnya beres juga. Si Aa nya coba cobain dulu motornya. Dan beres. Saya bayar dulu semuanya lalu beranjak untuk pulang ke rumah. Si Aa nya masih ngelap-ngelapin kaca spion saya yang bersih dan malah jadi kotor -_-. Setelah benar-benar beres, si Aa beranjak ke tempat saya mau ngasih kunci motornya ke saya. Posisi saya udah berdiri pake jaket motor dan siap berangkat.

Kegeeran keempat.

  • Aa nya : “(menuju saya yang sedang berdiri, memberikan kunci. Saya dan dia berdiri dan terlalu deket kayak lagi bisik bisik gitu -_- berhubung saya pendek, saya jadi susah denger dia ngomong, suaranya kecil sih -_-) Teh, ini teh lampu jarak pendeknya udah putus”
  • Saya : “oh gitu ya a, pantesan… (saya ge teuing kenapa ngomong ‘pantesan’ haha)”
  • Aa nya : “jadi gimana teh, apa mau diganti sekarang aja?”
  • Saya : “(menatap mata sipitnya itu -_- ahaha sumpah naon pisan urang), oh, kayanya ngga sekarang deh a, nanti paling seminggu dua mingguan lagi aja)
  • Aa nya : “oh ya udah atuh, kalo ada apa-apa kasih tau saya aja, hati hati di jalan ya teh
  • Saya : “oh iya a, nuhun a… (naik motor)”

Emot muka saya selama perjalanan pulang -_-

Ini nih yang bikin saya bingung. Ini emang orang Indonesia ramah-ramah sampe perhatiannya sebegitunya atau emang kadar kegeeran saya yang super duper tinggi ya? Hadeeuh gapapa deh setidaknya hari ini penuh cerita :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 3, 2013 by in just celoteh, tulisan.
%d bloggers like this: