Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Landasan Pernikahan

pic source

Indah sekali, sebenarnya saat kita benar-benar mendengarkan khutbah yang disampaikan ustadz saat pasangan hendak melakukan akad nikah. Sudah dua ustadz atau pemuka agama yang saya dengarkan ceramahnya di pernikahan kedua teman baik saya.

Pada intinya, menikah itu memang bukan tujuan akhir kehidupan manusia. Ia (pernikahan) hanyalah sebuah jenjang atau tahap dalam pencapaian tujuan hidup yang sebenarnya. Bukankah Allah telah berfirman dalam QS : 51 : 56, bahwa tujuan hidup manusia hanya untuk beribadah kepada-Nya?

Ustadz pertama, menekankan bahwa agar masing-masing dari mempelai tidak menjadikan paras, harta, maupun hal duniawi sebagai ukuran alasan mengapa dia menikahi pasangannya.

Ustadz kedua, menekankan bahwa pernikahan ini hanyalah satu tahap dari proses agar kita beribadah kepadanya. Bahwa dalam setiap rumah tangga akan selalu ada kerumitan dalam prosesnya. Bila pernikahan tidak didasari oleh iman kepada Allah, atau niat hanya untuk beribadah kepada-Nya, sudah pasti pernikahan itu tidak akan terjamin kekalnya. Dan bukankah pernikahan yang langgeng hingga bertemu kembali utuh dalam satu keluarga di akhirat nanti, adalah hal yang benar-benar ingin kita capai?

Indahnya pernikahan, bila landasannya adalah bertauhid hanya kepada-Nya, sehingga apapun kekurangan pasangan kita, akan selalu kita lengkapi, kita syukuri karena pasangan inilah kado indahnya Allah yang Dia Berikan agar selalu setia menemani kita dalam perjuangan-perjuangan dakwah setelahnya~ Euforia pernikahan itu hanya sementara, setelahnya adalah makna sebenarnya..

Seperti Nabi Muhammad yang Allah Karuniakan Khadijah yang secara umur jauh lebih tua darinya~ Mereka bersama bukan karena hal duniawi, tapi kebersamaan yang mereka resmikan adalah semata demi menopang kekuatan dalam sebuah perjuangan sebenarnya~

Ya Allah Berikanlah imam pada hamba yang bisa menuntun hamba untuk setia pada-Mu, sama-sama mencintai-Mu, dan terus bersama hingga Engkau Menempatkan kami sekeluarga dalam rumah akhirat nanti…

pic source
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 14, 2013 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: