Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Cita-Cita Lama Itu, Membuncah Lagi

Inspirasi! Ini datang tiba-tiba sekali. Bahkan nggak hanya inspirasi, dia benar-benar tumbuh dengan sekejap menjadi passion baru! Nggak baru sih sebenarnya, passion lama yang hidup kembali….

Lalu dari sinilah, gara-gara hal inilah, saya, lagi-lagi memutar balikkan otak memikirkan apa yang sebenarnya saya ingin lakukan untuk benar-benar berkarya.

Dulu, sudah lama, sejak saya SMP, saya sudah senang dengan hal ini. Dengan melakukan hal ini, hati saya lega tanpa harus berkata-kata, walau tangan pegal-pegal. Dengan melakukan kegiatan ini, saya bebas berteriak tanpa bersuara, saya bebas marah-marah tanpa tegang urat, saya bebaaaas nangis-nangis tanpa terdengar siapapun. Sudah 6 jilid diary lahir dari kegiatan ini. Diary yang ngga seberapa. Sepertinya sih, seyakinnya saya, diary saya diary paling banyak diantara temen-temen SMP lainnya yang saat itu memang wajib bikin diary. Nama diary saya, uli, saya penggal dari MUSLIM. ULI. Sungguh bocah pemikiran saya saat itu. Tapi,,,, apakabar kamu li? Kangen….

Menulis. Iya, saya senang sekali menulis. Apapun pikiran saya, entah itu sangat bermanfaat atau kurang bermanfaat, selalu ingin saya bagi-bagi. Saat SMP saya sempat mengikuti ekskul Jurnalistik sama bu Tuni. Ih, ini saya seneng banget. Kita main ke Ledeng buat liat Kebun Bunga dan stroberi, gak lupa wawancaranya juga. Seneng banget.

SMA, hingga mahasiswa, saya masih senang menulis. Sudah berapa notes facebook saya habiskan hanya untuk nulis. Menulis apapun yang ada di hati saya (walaupun kebanyakan galau T___T).

Lalu, detik tadi, saat saya sedang menyetrika seragam adik-adik saya untuk esok hari, iseng saya buka news feed facebook menggunakan smartphone saya, ada teh Nadiya nge-wall ke kak Pipin. Isi wallnya sekedar ngasih link berita yang ada gambarnya. Dan di gambar tersebut, terlihat potret Ridwan Kamil sedang diwawancara oleh para wartawan, dan salah satu wartawannya adalah kak Pipin itu.

Ih, tertohok lah saat itu. Kalau saya bisa bilang, dalam hati saya itu semacam ada mumi firaun yang tiba-tiba bangkit dari kubur dan cari-cari mangsa. Ini tuh kayak passion lama yang bangkit lagi, cita-cita lama yang tiba-tiba membuncah lagi, NGGAK TAHU KENAPA.

Dari dulu, sampai detik ini, cita-cita lama yang selalu terpendam, terabaikan, tidak tergapai, tidak terusahakan, terlupakan, tidak terprioritaskan, iya itu, seorang jurnalis.

Dulu, saat SMA saya masuk golongan IPA. Sempat terfikir, ah, saya ingin lanjut ambil Jurnalistik. Tapi mainstream saat itu terlalu besar untuk mengatakan anak IPA kok masuk jurusannya IPS. Saya telah kalah oleh pemikiran mainstream dan persepsi science is cool.

Beberapa waktu lalu, saat saya sudah mulai mengubur dalam cita-cita lama saya ini dan menjadikannya sebagai hobi sampingan saja, oke, saya senang bumi! Saya senang alam, keindahannya, kemisteriusannya, kebermanfaatannya bagi masyarakat, segala kerumitan prosesnya! Di Fisika Unpad ini kalo dirasa-rasa, selama empat tahun ternyata telah terjadi dua proses pada diri saya : proses pertama yaitu terkuburnya secara dalam cita-cita menjadi jurnalis handal pengubek berita dan pembentuk opini (<- nanti saya tulis tentang ini yaa kapan2), dan proses kedua adalah terbentuknya kembali kecintaan baru pada bumi, ya, geofisika (=fisika bumi).

Tapi Allah, skenarioNya terlalu sulit untuk ditebak, entah ada hikmah besar apa, saya belum diizinkan untuk meraih cita-cita menjadi seorang geophysicist ini…. Saya terjebak dalam kolom debet, kredit, saldo, dan neraca laba rugi. Ya, bisakah Anda tebak sedang terjebak dalam bidang apalagikah saya?

Leave a Reply

Information

This entry was posted on February 5, 2014 by in just celoteh.
