Sundus Mirrotin's Weblog

life is words, just share it! ^^

Mengukir Prasasti

Alhamdulillah, bisa berkesempatan menulis lagi. Semua ini gara-gara acara kemarin! Huh, saya jadi kangen sama blog lama ini~

Sekedar mengingatkan, bahwa blog ini adalah sahabat lama sejak SMA, yang (tadinya) ‘terpaksa’ dibuat untuk memenuhi tugas TIK. Tapi lama kelamaan, blog ini jadi penggantinya uli, diary manual saya dahulu saat SMP.

Ngomongin soal acara kemarin, baru saja dua hari berturut-turut saya mengikuti acara temu penulis yang di EO oleh adik-adik yabis youth yang super! EO yang terlahir sendiri ini, cukup sukses mengemas acaranya, buktinya saya langsung kembali pada blog usang ini. You can check my old post, it’s a looong time ago, padahal dulu punya ‘to-do-list’ supaya bikin tulisan apapun minimal 1 minggu 1 tulisan. Hmmmm. Dipertemukanlah saya dengan Sri Izzati, Muthi Sabila, Robi Afrizan, dan mbak Afifah Afra. Selain mbak Afra, yang lainnya jauh lebih muda dibandingkan saya, keren yaaaaa.

Banyak yang kami bahas, mulai dari motivasi menulis, kenapa harus jadi penulis, gimana cara nulis, gimana cara nyari penerbit penulis, stategi buat novel dan sebagainya.

Hanya ingin cerita, dulu jaman SMA saya pernah mencoba-coba ingin membuat novel bergenre cinta cintaan anak sekolah versi anak DKM. Tapi plotnya terlalu membosankan dan saya nulis ngga konsisten sampai ngga pernah beres itu novel -_-. Saya ingat sekali darimana inspirasi itu datang. YA! TEPAT! PENGALAMAN PRIBADI HAHAHA (DISELIPIN HARAPAN PALSU) HAHA. Ya gitu, mirisnya jadi anak ngga populer di sekolah, biasanya gitu ya, dituangin ke cerita. Skenario harapan kita kadang beda sama realita, apalagi harapan kunyuk SMA, terlalu labil~

Ada satu poin penting yang ternyata kudu digarisbawahi sama kita-kita semuaaah. Betapa menulis itu sebenarnya hal yang seru dan manfaat sekali loh! Ulama jaman dahulu itu banyak kita kenal karena buku atau tafsir yang dihasilkannya ya kan? Ada yang bilang kalau orang besar itu pasti punya guratan pena alias buku. Bahkan konon, para penafsir jaman dahulu, menumpuk-numpukkan hasil tulisannya agar menjadi motivasi bahwa setidaknya ia harus menulis buku lebih dari tinggi tubuhnya! Waaaah, alhamdulillah nih jadi orang pendek (loh?)

Iyaa, jadi menulis itu manfaatnya banyak. Apalagi tulisan kita banyak hikmahnya, dan kalau bisa membuat orang mengubah kehidupannya jadi lebih baik, amalannya bisa nular ke kita loh, tanpa mengurangi amalan si pembaca itu. Waah keren yah! ^^

Tapi, menulis ngga bisa asal-asalan. Harus punya poin baik di dalamnya. Hati-hati loh, kalo pembaca meniru poin baik dari isi tulisan kita kan alhamdulillah, tapi coba bayangkan kalau yang kita tulis adalah poin buruk, wah na’udzubillah 😦

Dan, menulis ngga bisa dipisah dari membaca. Orang yang menulis seharusnya sih gemar membaca. Karena, dengan membaca, akan semakin memperkaya tulisan baik itu dari segi bahasa, informasi yang bakal kita sampai ke pembaca, atau dari segi topik apa yang sedang penting nih untuk disampaikan. Hoho.

Sepertinya, setiap orang punya tipe berbeda-beda ya soal menulis. Ada yang memang cocok jadi penulis novel (berarti memang orangnya harus konsisten nih, not me :(), ada yang cocok jadi penulis buku motivasi, ada yang cocok jadi penulis cerita jenaka (yang pasti orangnya harus humoris nih!), dan masih banyak lagi. Nah, saya pikir saya ngga cocok jadi penulis novel atau cerbung cerbung gitu, karena ide saya selalu berubah-ubah tiap sepersekian jam. Makanya, saya ngga biasa punya draft yang terus menerus disambung. Saya selalu bikin tulisan irit-irit kayak sekarang ini.

Tapi, harapannya sih, semoga ada yang bermanfaat ya! Saya juga mau banyak baca deh dari sekarang, semoga bisa nambah ilmu dan kebaikan, yeay!

Menulis itu Seperti Mengukir Prasasti. Walaupun suatu saat nanti kita telah tiada, karya kita tetap akan dikenang anak cucu 🙂

Leave a Reply

Information

This entry was posted on May 18, 2015 by in Uncategorized.
